7 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Pergi Ke Jepang

Kamu ada rencana ingin mengunjungi Jepang setelah pandemi ini berakhir? Selain mempersiapkan itinerary dan asuransi perjalanan wisata, ada baiknya kamu juga mempersiapkan hal-hal di bawah ini ya. Apa saja itu? Yuk, kita simak.

  • Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris Dasar, Lebih Baik Bila dengan Bahasa Jepang

Sistem transportasi di Jepang pada umumnya sudah memiliki notasi dalam Bahasa Inggris. Tak hanya itu, kafe, toko makanan dan minuman yang terletak di daerah wisata biasanya sudah dilengkapi dengan Bahasa Inggris sebagai panduan kepada turis asing. Namun, alangkah baiknya kamu bisa sedikit bercakap dalam Bahasa Jepang jika kamu ingin kesana. Bila kamu mengunjungi daerah yang jauh dari daerah wisata, biasanya kamu akan sulit menemukan orang Jepang yang bisa berbahasa inggris. 

  • Siapkan Uang Tunai

Bisa dibilang Jepang merupakan negara maju dengan berbagai teknologinya yang super canggih. Tetapi tidak dalam hal penanganan uang. Toko dan restoran di Jepang masih banyak yang hanya menerima pembayaran dengan menggunakan uang tunai. Ada baiknya kamu mempersiapkan uang tunai sebelum bepergian ke Jepang. Jika uang tunai yang kamu bawa hampir habis, kamu bisa melakukan transaksi tarik tunai yen di ATM yang berada dibeberapa minimarket dengan menggunakan kartu debit internasional.

  • Perhatikan Tata Krama Saat di Kereta

Ketika kamu bepergian menggunakan kereta, kamu akan menemukan rasa nyaman di dalam gerbong. Hal ini bisa terjadi karena para penumpang kereta yang memperhatikan tata karma di dalam kereta api. Pada saat kamu di dalam kereta, selalu ingat untuk tidak melakukan dan menerima panggilan telepon, berbicara dengan suara lantang, makan, dan menyetel musik tanpa headset. Ketika kamu mendapatkan kursi prioritas, ada baiknya kamu menawarkan kursi tersebut kepada orang yang lebih membutuhkan.

  • Etika Makan

Mengunjungi restoran washoku yang lebih tradisional, kamu harus melepas sepatu dan meletakkannya di loker dekat pintu masuk. Lalu, sebelum memulai makan, biasanya orang Jepang akan mengucapkan itadakimasu, untuk menghargai makanan dan setelah selesai akan mengucapkan gochiso sama deshita.

  • Jarang Menemukan Tempat Sampah

Selain kedisiplinannya, Jepang tenyata juga memiliki hal unik yaitu kamu akan sulit menemukan tempat sampah. Yang lebih takjubnya, walaupun sulit menemukan tempat sampah, tidak satupun sampah yang berserakan, loh! Terus bagaimana ya kalua kamu ingin membuang sampah ketika diperjalanan? Solusinya kamu harus membawa sampah tersebut sampai kamu menemukan tempat sampah yang terdekat dari kamu.

  • Persiapkan Koneksi Internet¬†

Memang di beberapa lokasi di Jepang menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis. Namun, tidak ada salahnya kamu tetap mempersiapkan wi-fi router untuk telepon genggam atau membeli kartu SIM terlebih dahulu sebelum ke Jepang.

  • Mencicipi Berbagai Macam Kuliner Khas Jepang

Hal ini tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Sebelum berangkat, kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai tempat makan yang akan kamu kunjungi. Apakah lokasi makan yang kamu tuju menyediakan makanan halal, vegetarian, atau lainnya yang bisa kamu kondisikan sesuai dengan preferensi makan kamu. 

Nah, itu dia tujuh hal yang harus kamu ketahui sebelum pergi ke Jepang. Semoga artikel ini membantu kamu, ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *