4 Hal yang Wajib Dihindari pada Perawatan Rambut Wanita 

Perawatan rambut bagi sebagian besar wanita merupakan hal yang wajib. Makanya, tak heran jika banyak yang rela menghabiskan waktunya untuk merawat rambut mereka. Sayangnya, ada beberapa kebiasaan dalam merawat rambut yang dianggap tepat, namun ternyata malah merusak rambut. Simak apa saja hal yang wajib dihindari dalam hal perawatan rambut wanita berikut ini.  

  • Terlalu Sering Keramas 

Siapa bilang keramas setiap hari bagus untuk rambut? Nyatanya, kebiasaan ini malah bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. Frekuensi keramas yang terlalu sering hanya akan membuat rambut kehilangan kandungan minyak esensialnya, yang mana keberadaannya adalah untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Cukup keramas sekali dalam 2 atau 3 hari saja. 

  • Mengaplikasikan Conditioner pada Akar Rambut 

Conditioner atau pelembap memang bermanfaat bagi kesehatan rambut, namun jika salah cara mengaplikasikannya malah akan mendatangkan hasil sebaliknya. Hindarilah kebiasaan mengaplikasikan conditioner pada akar rambut, karena akan bisa menyumbat pori-pori di kulit kepala. Akibatnya, produksi minyak berlebih dan kerusakan folikel rambut pun meningkat. 

  • Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Hampir sebagian besar wanita terbiasa mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk mandi. Namun sayangnya, kebiasaan tersebut malah bisa merusak rambut. Alasannya adalah karena tekstur handuk yang relatif kasar, berisiko merusak rambut sehingga membuatnya patah hingga rontok. Anda bisa gunakan kaos dari bahan katun yang lembut untuk mengeringkan rambut. 

  • Menggunakan Tipe Sisir yang Salah 

Tahukah Anda kalau memakai tipe sisir yang salah bisa membuat rambut rusak? Hal ini disebabkan karena tiap tipe rambut harusnya disisir dengan menggunakan sisir yang berbeda. Misalnya saja, wanita yang memiliki rambut ikal sebaiknya menggunakan sisir tipe paddle brush untuk menjaga bentuk ikal rambutnya. Jika salah memilih sisir, maka kerusakan rambut bisa saja terjadi.  

Optimalnya perawatan rambut wanita akan sangat bergantung pada bagaimana kebiasaannya dalam menjaga kesehatan dan keindahan rambutnya. Jika kebiasaannya dalam merawat rambut selama ini salah, tentu akan berakibat pada kondisi rambutnya sendiri. Agar rambut bisa tetap terjaga, hindarilah kebiasaan salah dalam merawat rambut, di antaranya seperti yang disebutkan di atas.  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.