Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Menuju Masyarakat Sejahtera

Berikut ini beberapa upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera. Dalam teks pembukaan Undang Undang Dasar 1945 tertuang tujuan negara Indonesia. Satu di antaranya yakni memajukan kesejahteraan umum.

Hal tersebut berarti negara memiliki tujuan dan harapan membangun kehidupan masyarakat yang sejahtera. Banyak upaya yang harus ditempuh untuk mengembangkan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera. Dikutip dari Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 , upaya yang ditempuh tidak hanya dilakukan oleh negara, melainkan harus didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Terdapat beberapa upaya kebangsaan menuju masyarakat sejahtera, di antaranya: 1. Mengembangkan sikap saling toleransi antarwarga negara atas perbedaan masing masing. Seperti diketahui, Indonesia memiliki beragam suku, budaya dan agama.

2. Saling menghormati dan menghargai, karena beragam suku, budaya dan agama merupakan kekayaan budaya Indonesia. 3. Pemerataan pembangunan. Pembangunan tidak hanya dilaksanakan di kota kota besar saja, namun diratakan hingga ke pelosok dan perbatasan wilayah negara Indonesia.

4. Memperbanyak lapangan kerja untuk mengatasi angka pengangguran yang tinggi. 5. Memperbaiki fasilitas umum agar masyarakat lebih mudah untuk menggunakan dan memanfaatkannya. 6. Taat dan patuh membayar pajak agar pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik lainnya dapat terus berjalan.

Tingkat kesejahteraan masyarakat setiap daerah di Indonesia tidaklah sama. Perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat tersebut di antaranya disebabkan pendapatan setiap kepala keluarga berbeda beda. Selain itu, tingkat kesejahteraan masyarakat juga disebabkan oleh kemiskinan, letak geografis, globalisasi, lapangan kerja, kualitas masyarakat, dan persebaran penduduk.

Pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu mengubah pembangunan yang berorientasi di kota besar menjadi pembangunan yang merata hingga kepelosok desa. Pembangunan hendaknya dilakukan secara merata hingga ke desa maupun sampai ke pelosok desa. Pembangunan di kota besar hanya akan memicu urbanisasi.

Masyarakat desa akan berbondong bondong bekerja di kota. Akibatnya, masyarakat desa enggan melakukan usaha di desa misalnya di sektor pertanian. Sektor pertanian memiliki ketahanan paling tinggi dalam menghadapi imbas berbagai krisis. Pedesaan dapat berperan penting dalam penyediaan pangan.

Bahkan, pedesaan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat karena kemampuannya menyerap tenaga kerja (khususnya di bidang pertanian). Dengan membangun pedesaan, kesejahteraan masyarakat di desa akan meningkat. Upaya lain untuk meningkatkan kesejahteraan yaitu dengan menyelenggarakan pelatihan untuk asyarakat desa.

Sebagai contoh, pemerintah memberdayakan ibu ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) untuk dilatih membatik. Ibu Ibu di desa diberikan pelatihan membatik dengan mendatangkan narasumber yang ahli dalam bidangnya. Mereka dilatih hingga mahir dalam membatik. Selanjutnya, mereka diberi pelatihan tentang manajemen usaha dan cara pemasaran produk. Pelatihan tersebut menjadi bekal yang cukup bagi ibu ibu di desa untuk mandiri berkegiatan ekonomi.

Dengan demikian, pelatihan membatik dapat melatih jiwa kewirausahaan dan mengurangi kemiskinan yang ada di Indonesia. *** Subekti, Ari dkk. 2018. Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.